disusun oleh:
Nama: Putri Nur Diana
Nim: 2021390101484
Prodi: Pendidikan Agama Islam
Intansi: IAI Ibrahimy Genteng- Banyuwangi
A. Pengertian Media Pembelajaran Media pembelajaran adalah segala bentuk alat atau bahan yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk membantu peserta didik dalam memahami dan menguasai materi pelajaran. Media ini dapat berupa objek fisik, teknologi, atau kombinasi keduanya yang dirancang dengan tujuan mengkomunikasikan informasi secara lebih efektif dan memfasilitasi pemahaman serta retensi konsep-konsep pembelajaran. media pembelajaran dapat berupa berbagai bentuk, baik itu benda fisik, seperti buku, alat peraga atau model, maupun digital, seperti vivio, animasi, presentasi multimedia dan aplikasi interaktif. Media pembelajaran adalah segala bentuk alat, bahan, atau sumber yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran dan membantu siswa memahami informasi dengan lebih baik. Media ini bisa berupa fisik maupun digital, dan berfungsi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar mengajar.
Menurut Arsyad (2011), media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran, sehingga dapat merangsang perhatian dan minat siswa dalam belajar. Media ini tidak hanya berfungsi sebagai alat bantu, tetapi juga dapat memperkuat pengalaman belajar dan memfasilitasi komunikasi antara guru dan siswa. Sedangkan menurut Antero dalam Sufri Mashuri (2019) media merupakan perantara penyalur informasi atau pesan yang dapat merangsang siswa supaya memiliki minat atau rasa ingin belajar. Riyanto (2011) mendefinisikan media pembelajaran sebagai "alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam proses pendidikan yang dapat meningkatkan pemahaman dan daya tarik siswa terhadap materi pembelajaran."
Berdasarkan beberapa pengertian media diatas dapat disimpulkan bahwa media adalah alat yang dapat membantu proses pembelajaran agar pelajaran lebih mudah dan jelas dipahami dan juga tujuan pembelajaran tercapai secara efektif dan efisien, tujuan dari penggunaan media pembelajaran adalah untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik, bermakna dan interakif sehingga membantu peserta didik dalam memahami konten pelajaran dengan lebih baik.
1. Fungsi Media Pembelajaran
1. Meningkatkan pemahaman. Media pembelajaran membantu siswa memahami konsep dan informasi dengan cara yang lebih jelas dan menarik. Dengan visualisasi atau audio, materi yang abstrak bisa menjadi lebih konkret Arsyat, Azhar (2011).
2. Menarik perhatian siswa. Media dapat menarik perhatian siswa dan memotivasi mereka untuk belajar. Penggunaan gambar, video, dan interaksi multimedia dapat menciptakan suasana belajar yang lebih dinamis Miarso,Yusuf (2010).
3. Menyidiakan akses kesumber belajar. Media pembelajaran memberikan akses kepada siswa untuk menggunakan berbagai sumber belajar, baik itu buku, artikel, maupun sumber digital seperti video dan aplikasi Sudirman (2009).
4. Komunikatif, media pembelajaran digunakan untuk memudahkan komunikasi antara penyampai pesan dan penerima pesan, sehingga tidak sulit dalam menyampaikan bahasa verbal dan salah persepsi dalam menyampaikan pesan.
2. Fungsi Sumber Belajar
1. Meningkatkan pemahaman, Sumber belajar membantu siswa memahami konsep dan informasi dengan cara yang lebih jelas. Dengan berbagai jenis sumber, siswa dapat melihat materi dari berbagai perspektif (Arifin, Zainal 2011).
2. Menyediakan Variasi Pembelajaran Sumber belajar yang beragam memberikan variasi dalam metode pembelajaran, sehingga dapat memenuhi berbagai gaya belajar siswa. Hal ini membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan tidak monoton (Mulyasa, E 2011)
3. Mendorong Kemandirian Belajar, Sumber belajar memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri. Dengan akses ke berbagai informasi, siswa dapat mengeksplorasi dan mengembangkan pengetahuan mereka sendiri (Supriyanto, 2010).
B. Sumber Belajar
Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran dan mendukung pencapaian tujuan pendidikan. Ini mencakup berbagai jenis informasi, bahan, dan alat yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan.
Sumber belajar merupakan segala sesuatu baik berupa alat, bahan, orang maupun lingkungan yang digunakan pada proses pembelajaran, sebagai sebuah referensi untuk memperluas pengetahuan, keterampilan maupun memperdalam pemahaman siswa. Menurut Prastowo (dalam Samsinar, 2019:193) sumber belajar merupakan segala sesuatu baik dalam bentuk orang, data, ide, fakta dan benda yang ketika digunakan dapat menimbulkan proses belajar. Sedangkan menurut Percival, dkk (dalam Muhammad:2018:4) sumber belajar terdiri dari seperangkat bahan ataupun situasi belajar diciptakan secara sengaja maupun tidak untuk digunakan pemelajar untuk belajar baik secara individual maupun kelompok. Sumber belajar snagat penting dalam membantu siswa memperoleh infomasi. Berikut terdapat beberapa jenis sumber belajar (Muhammad, 2018:9-11):
1. Pesan: merupakan isi materi atau informasi yang telah direkonstruksikan Kembali oleh pemelajar.
2. Orang: yakni manusia yang menyimpan informasi seperti tenaga professional.
3. Bahan: yakni berupa perangkat lunak yang berfungsi menyimpan pesan sebelum disalurkan dengan menggunakan alat yang telah dirancang, seperti web dan rekaman elektronik.
4. Alat: merupakan perangkat keras untuk mengeluarkan pesan yang tersimpan pada bahan. Alat ini berbentuk fisik seperti komputer dan televisi
5. Teknik: merupakan sebuah prosedur yang digunakan dalam memberikan pembelajan agar mencapai sebuah tujuan, seperti seminar dan diskusi,
6. Latar: merupakan lingkungan yang memberikan pemelajar kesempatan luas untuk memperoleh keterampilan dan pengamatan.
1. Kegunaan Sumber Belajar
Untuk meningkatkan hasil pendidikan dalam berbagai situasi, pemberdayaan sumber pembelajaran sangat penting. Sumber belajar seperti menumbuhkan motivasi dan ketertarikan untuk belajar, mengelola pembelajaran secara efektif, dan memanfaatkan dan memanfaatkan media dalam pembelajaran dapat meningkatkan produktivitas pembelajaran. Menurut Supriadi (2015: 131), ada beberapa keuntungan dan kegunaan sumber belajar sebagai berikut:
a. Meningkatkan hasil pembelajaran. Sumber belajar dapat bermanfaat karena selain membantu guru memanfaatkan waktu mereka dengan baik, mereka juga dapat mengurangi beban guru untuk menyampaikan informasi, yang lebih banyak meningkatkan keinginan siswa untuk belajar.
b. Memungkinkan pembelajaran individual dengan memberi siswa kesempatan untuk belajar sesuai kemampuan mereka.
c. Memberi dasar pengajaran yang lebih ilmiah melalui perencanaan program pembelajaran yang lebih sistematis.
d. Pembelajaran menjadi lebih matang ketika data dan informasi yang lebih konkret disajikan. Ini meningkatkan pemahaman siswa tentang apa yang diajarkan.
2. Kegunaan Media Pembelajaran
Secara umum media pembelajaran
mempunyai kegunaan-kegunaan sebagi berikut (Sapriyah 2019:475):
1. Memperjelas penyajian pesan agar tidak
terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk
kata-kata tertulis atau lisan)
2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan
daya indera, seperti misalnya: objek yang
terlalu besar bisa digantikan dengan realita,
gambar, film, atau model
3. Penggunaan media pendidikan secara tepat
dan bervariasi dapat mengatasi sikap pasif
anak didik
4. Dengan sikap yang unik pada tiap siswa
ditambah lagi dengan lingkungan dan
pengalaman yang berbeda, sedangkan
kurikulum dan materi pembelajaran
ditentukan sama untuk setiap siswa, maka
guru banyak mengalami kesulitan bilamana semuanya itu harus diatasi sendiri.
DAFTAR PUSTAKA
Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Arifin, Zainal. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mashuri, Sufri. 2019. Media Pembelajaran Matematika. Jakarta: Deepublish.
Muhammd. 2018. Sumber Belajar. Mataram: Sanabil
Mulyasa, E. (2011). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Riyanto, D. (2011). Media Pembelajaran dan Teknologi Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sapriyah 2019, Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Vol. 2, No.1, 2019, hal. 470 - 477
Supriadi. 2015. Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal. Vol. 3 No. 2
Supriyanto. (2010). Sumber Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Samsinar. 2019. Urgensi Learning Resources (sumber belajar) dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pembelajaran: Jurnal Kependidikan. Vol. 13 (2).
Komentar
Posting Komentar